Kisah Para Nabi

Penulis
Ibnu Katsir
Penerbit
Pustaka Azzam
Cetakan
2005
Halaman
724


"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa orang rasul sebelummu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada yang tidak kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat melainkan dengan seizin 4JJI. Maka apabila telah datang perintah 4JJI, semua perkara diputuskan dengan adil. Dan ketika itu merugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil" (al-Mukmin : 78).

Di dalam buku ini diceritakan tentang sejarah perjalanan para nabi Adam alaihisalam s/d nabi Isa alaihisalam, sedangkan tentag Nabi Muhammad ditulis dalam buku tersendiri.

Sejarah para nabi yang ada dalam buku ini bersumber pada al-Quran dan a-Sunnah. Namun demikian, riwayat-riwayat Israiliyat dan juga Injil juga disampaikan, disertai dengan koreksi dari beliau atas kebenaran sumber tersebut dengan menjadi al-Quran dan as-Sunah sebagai sumber utama.

Ada banyak Nabi yang dikisahkan dalam buku ini yaitu : Adam, Idris, Nuh, Hud, Shalih, Ibrahim, Luth, Ismail, Ishak, Syu'aib, Yusuf, Ayyub, Dzulkifli, Yunus, Musa, Yusya', Harun, Khidir, Ilyas, Hizqil, Ilyasa, Syamuel, Daud, Sulaiman, Armia bin Hilqiya, Daniel, Ya'qub, Uzair, Zakaria, Yahya dan Isa alaihisalam.

Setelah membaca buku ini, kita bisa mengetahui bahwa semua Nabi dan Rasul mengajarkan tauhid kepada umatnya. Dan kita juga bisa tahu bahwa perjuangan mereka untuk men-dakwahi umatnya sangatlah berat. Ancaman dan bahkan pembunuhan menimpa kepada mereka. Namun mereka tidak pernah takut dan menyerah. Mereka terus berusaha dan berserah diri kepada 4JJI semata.

Sangatlah bermanfaat memiliki buku ini. Karena buku ini sangat lengkap penjelasannya dan didukung oleh sumber yang jelas.


Silahkan Lihat Komentar.
Serta Mohon Komentar disampaikan secara baik dan sopan. Terimakasih