SIRAH NABAWIYAH

Penulis
Syaikh Shafiyyurahman Al-Mubarakfury
Penerbit
Pustaka Al-Kautsar
Cetakan
2005
Halaman
644


Buku ini merupakan salah satu buku tentang sejarah hidup Nabi Muhammad SAW yang mengupas kehidupan beliau dari awal sampai akhir hayat beliau dan buku ini berhasil meraih juara 1 dalam lomba karya tulis tentang sirah Rasulullah SAW, yang diprakarsai oleh Rabithah Al-Alam Al-Islamy.

Alhamdulillah, setelah membaca buku ini - yang lumayan tebel, banyak kesan yang mendalam, yang sungguh mampu menggugah kecintaanku kepada manusia agung itu - Rasulullah SAW. Bagaimana perjuangan beliau yang luar biasa untuk menegakkan agama yang haq yaitu Islam, pengorbanan beliau, kelembutan hati beliau, kepemimpinan dan pengambilan keputusan-keputusan pada saat yang genting, sungguh beliau adalah seorang Rasul yang agung dan juga pemimpin yang hebat.

Buku ini mengupas perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dari beliau lahir sampai beliau wafat. Sungguh detil apa yang ditulis dibuku ini, apalagi pada awal-awal buku diberikan pengantar tentang kondisi bangsa arab sebelum Rasulullah lahir seperti posisi bangsa Arab dan kaumnya, kekuasaan dan kondisi politik bangsa Arab, agama-agama yang dianut bangsa Arab termasuk gambaran masyarakat Arab Jahiliyah.

Nasab Nabi yang terdiri dari 3 bagian juga dibahas dalam buku ini. Juga tentang keluarga Nabi (Bani Hasyim, dll) termasuk peranan mereka di kota Makkah.

Perjalanan hidup Nabi Muhammad SAW dalam buku ini dijelakskan secara rinci seperti waktu kelahiran beliau sampai dengan 40 tahun sebelum nubuwah, setelah nubuwah dan perintah menjalankan risalah, tahapan-tahapan beliau dalam berdakwah, isra' dan mi'raj, hijrah ke madinah, peperangan-peperangan yang terjadi menghadapi kaum kafir, pengiriman duta ke negara-2 sekitar, penaklukan makkah, haji wada' dan kembalinya beliau ke haribaan Ilahi.

Juga tergambar dengan jelas, bagaimana perjuangan para sahabat beliau untuk bahu-membahu menegakkan agama 4JJI, dengan tulus ikhlas karena 4JJI, keberanian dan heroisme yang tinggi, berlomba-lomba untuk memberikan yang terbaik bagi kemenangan Islam dan kecintaannya kepada Rasulullah. Sungguh mereka adalah merupakan generasi terbaik yang pernah ada.

So, milikilah buku ini. Di sana akan ditemukan banyak contoh teladan pada diri Rasulullah dan juga para sahabatnya. Buku ini sangat bagus untuk dibaca oleh keluarga Muslim. Banyak hikmah dan suri tauladan yang dapat kita temui di sana.


Silahkan Lihat Komentar.
Serta Mohon Komentar disampaikan secara baik dan sopan. Terimakasih